OTORITA, MENGAJAR DAN BUKU

 JAKARTA, 8 MATER 2024

OTORITA

melakukan koordinasi dengan satpam untuk menjaga ketertiban pedagang kaki lima depan kampus dan juga dengan teknisi untuk tetap menjaga dan memperbaiki fasilitas kampus

MENGAJAR

mengajar mata kjulaih Pengembangan diri dan karir papa program sarjana dan mata kuliah psikologi pendidikan pada program sarjana

BUKU

melanjutkan membuat buku psikologi pendidikan 2

contoh

bentuk tulisan tentang berbagai jenis tulang dalam struktur tubuh manusia.

Lain halnya dengan Reynara dan Obaja yang sedang bertekun mempelajari sistem tata surya bersama teman sekelasnya. Mereka berdua juga sedang duduk di kelas satu Sekolah Menengah Pertama. Mereka sedang mengikuti penjelasan guru tentang nama, susunan tata surya dan prosedur kerjanya. Guru memberi penjelasan dengan menggunakan media visual, dengan pemutaran film tentang sistem kerja tata surya dan disertai juga dengan gambar, bagan dan dapat dikatakan guru berupaya menggunakan metoda dan media belajar yang lengkap agar peserta didik memahami materi materi pelajaran dengan baik. Guru memulianya dengan menjelaskan jenis-jenis planet  berserta nama-namanya, dimulai dari planet pluto, neptunus, uranus, jupiter, matahari, merkuri, mars,  saturnus dan bumi. Guru mengajak agar peserta didik menghafal jenis-jenis planet tersebut. Kemudian guru menjelaskan tentang sistem kerja dari masing-masing planet dalam sistem kerja tata surya. Guru kemudian membentuk kelompok belajar di dalam kelas dan setiap kelompok kembali membahas sistem kerja tata surya, dengan  cara menghafal setiap planet, kedudukan setiap planet, jarak dan fungsinya masing-masing. Peserta didik di dalam setiap kelompok diminta untuk mampu memahami, mengalisis dan kemudian mempresentasikan di dalam kelas oleh setiap kelompok. Kebetulan Reynara menjadi ketua kelompok dan mewakili kelompoknya untuk mempresentasikan apa yang telah dipelajari dan dipahaminya. Sementara Reynara mempresentasikan hasil bahasan kelompoknya, tiba-tiba Obaja berdiri dan membantah  serta memberikan argumentasi yang berbeda dan terjadilah diskusi ilmiah yang sangat bersemangat. Guru dengan saksama memperhatikan jalannya diskusi dan pada akhir diskusi guru membuat kesimpulan atas hasil diskusi dan kemudian guru meminta setiap kelompok

penulois adalah dosen pada fakultas psikologi UNIVERSITAS PERSADA INDONESIA YAI 

Comments

Popular posts from this blog

OTORITA, KOORDINASI

OTORITA, EMNGAJAR DAN MENGUJI

OTORITA, UJIAN DAN BUKU