OTORITA, BUKU
OTORITA
melakukan koordinasi dengan satpol pp dan satpam untuk menertibkan pedagang kaki lima depan kampus. juga dengan teknisi untuk melakukan perbaikan fasilitas yang perlu diperbaiki
BUKU
melanjutkan penulisan buku psikologi pendidikan
contoh
§
People and their environments mutually influence each
other. Beberapa teori
belajar, khususnya behaviorisme menyoroti
bagaimana lingkungan dapat mempengaruhi peserta didik. Namun sebaliknya dapat
terjadi dimana peserta didik yang belajar dapat mempengaruhi lingkungan melalui
perilakunya. Terdapat tiga faktor yang saling mempengaruhi yaitu person
– behavior dan environment.
§
Behavior becomes increasingly self-regulated. Pada awal tahun pertama dalam kehidupan anak, semua
perilakunya diawasi, dibimbing dan dikontrol oleh kakaknya dan orang tuanya.
Setelah mulai tumbuh dan berkembang menjadi lebih besar dan remaja akan secara
perlahan anak tersebut akan melepaskan dirinya dari bimbingan dan pengawasan
orang tua. Anak secara bertahap akan membangun kesadaran dirinya dan kemudian
mengarahkan tujuan kehidupannya secara lebih mandiri. Anak akan mulai mengarahkan dan mengontrol perilakunya
dalam upaya mencapai tujuan hidupnya.
Anak mulai menata perilakunya, membangun dirinya melalui proses dalam upaya
mencapai tujuan hidupnya dikemudian hari
dan itulah yang disebut dengan istilah self-regulation.
Beberapa asumsi dasar teori sosial kognitif dan implikasinya dalam proses
pembelajaran seperti yang dikemukakan oleh Ormrod (2011) sebagai berikut :
Asumsi |
Implikasinya dalam proses pembelajaran |
Contoh |
Belajar melalui observasi. |
v Bantulah peserta didik menumbuhkan perilaku yang
baru melalui pemberian contoh perilaku guru |
v Demonstrasikan cara – cara yang mudah dan contohkan
terjadinya konflik interpersonal. Tanyakan pada peserta didik bagaimana
caranya memecahkan masalah konflik interpersonal dan tunjukkan perilaku
prososial yang dikehendaki oleh masyarakat. |
Belajar adalah proses internal dan mungkin atau tidak mungkin
direfleksikan dalam perilaku. |
v Perlu diingat bahwa bentuk belajar yang baru
dilakukan peserta didik tidak langsung dinyatakan saat itu juga, tetapi dapat
saja dinyatakan pada waktu yang akan datang. |
v Jika peserta didik menunjukkan ulah dan berperilaku
yang mengacaukan kelas, lakukan langkah yang sesuai dan bertahap tanpa
mengecilkan hatinya. Perlu dicarikan saksi mungkin dapat saja teman
sekelasnya agar dikemudian hari anak tersebut tidak melakukan hal yang sama. |
Proses kognitif menjadi dasar munculnya motivasi |
v Bantu dan doronglah
peserta didik untuk melatakkan tujuan dalam dirinya, khususnya kalau
dapat tujuan yang menantang yang dapat dicapainya. |
v Jika mengajarkan bahasa isyarat dalam upaya membantu
peserta didik yang tunarungu agar mampu berkomunikasi dengan teman
sekelasnya, tanyakan padanya berapa kata atau kalimat yang sepatutnya
dipelajari dalam setiap minggu. |
Adanya saling ketergantungan antara person,
behavior dan environment. |
v Bantu dan doronglah peserta didik untuk membuat
pilihan yang akan memberi manfaat
baginya dalam melakukan kegiatan belajar. |
v Gambarkan keuntungan yang diperoleh pada peserta
didik jika mengikuti kursus sebagai jurnalis yang akan tidak saja mampu
melakukan teknik menulis dengan cepat, tetapi akan bermanfaat dikemudian hari
jika memilih pekerjaan sebagai jurnalis. |
penulis adalah dosen pada fakultas psikologi UNIVERSITAS PERSADA INDONESIA YAI
Comments
Post a Comment