JAKARTA, 7 MARET 2024

OTORITA

melukukan koordinasi dengan satpam untuk tetap menjaga ketertiban pedagang kaki lima dengan kampus dan juga dengan teknisi untuk menjaga dan memelihara fasilitas kampus

MENGAJAR

mengajar mata kulai8h filsafat pendidikan pada program s2 psikologi

BUKU

melanjutkan penulisan buku psikologi pendidikan

contoh

                                                                 BAB VII

                 PENDEKATAN KOGNITIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Pengantar

Umpamakan saja peserta didik yang bernama Belarmino yang sedang duduk di kelas satu Sekolah Menengah Pertama sedang tekun mempelajari mata pelajaran Biologi dengan pokok bahasan tentang  nama jenis-jenis tulang dalam tubuh manusia mulai dari bagian kepala sampai jari-jari kaki. Belarmino dengan sangat tekun dan berupaya memahami berbagai jenis tulang, kategorisasinya, kelompoknya secara  mendetail  dan juga dengan mengunakan alat peraga agar lebih mudah dipamahi. Dalam proses mempelajarinya Belarmino menemui kesulitan dalam memahami kelompok, kategori, jenis tulang, dan juga kesulitan menghafalnya. Dengan menggunakan alat peraga secara perlahan Belarmino mulai memahaminya. Sewaktu mengikuti kuis yang dilaksanakan oleh guru ternyata Belarmino hanya mendapat nilai 70. Masih banyak kekeliruan yang dilakukan dalam menjawab  pertanyaan guru dan ternyata masih banyak jenis tulang yang tidak dipahami terutama membedakan jenis dan kelompok tulang. Setelah kembali dipelajari dengan berulang-ulang dan dengan cermat dipelajari, kemudian sambil menghafal dengan cara mengulang dan dilaksanakan dalam jangka waktu yang lama ternyata Belarmino mampu memahami jenis-jenis tulang dalam tubuh manusia dengan baik. Belarmino telah menggunakan kemampuan berpikir, menganalisis, mengingat dan mampu mempresentasikan secara verbal dan 

penulis adalah dosen pada fakultas psikologi UNIVERSITAS PERSADA INDONESIA YAI 

Comments

Popular posts from this blog

OTORITA, KOORDINASI

OTORITA, EMNGAJAR DAN MENGUJI

OTORITA, UJIAN DAN BUKU