JAKARTA, 7 MARET 2024
OTORITA
melukukan koordinasi dengan satpam untuk tetap menjaga ketertiban pedagang kaki lima dengan kampus dan juga dengan teknisi untuk menjaga dan memelihara fasilitas kampus
MENGAJAR
mengajar mata kulai8h filsafat pendidikan pada program s2 psikologi
BUKU
melanjutkan penulisan buku psikologi pendidikan
contoh
BAB VII
PENDEKATAN KOGNITIF DALAM
PROSES PEMBELAJARAN
Pengantar
Umpamakan saja peserta didik yang bernama Belarmino yang sedang duduk di kelas satu Sekolah Menengah Pertama sedang tekun mempelajari mata pelajaran Biologi dengan pokok bahasan tentang nama jenis-jenis tulang dalam tubuh manusia mulai dari bagian kepala sampai jari-jari kaki. Belarmino dengan sangat tekun dan berupaya memahami berbagai jenis tulang, kategorisasinya, kelompoknya secara mendetail dan juga dengan mengunakan alat peraga agar lebih mudah dipamahi. Dalam proses mempelajarinya Belarmino menemui kesulitan dalam memahami kelompok, kategori, jenis tulang, dan juga kesulitan menghafalnya. Dengan menggunakan alat peraga secara perlahan Belarmino mulai memahaminya. Sewaktu mengikuti kuis yang dilaksanakan oleh guru ternyata Belarmino hanya mendapat nilai 70. Masih banyak kekeliruan yang dilakukan dalam menjawab pertanyaan guru dan ternyata masih banyak jenis tulang yang tidak dipahami terutama membedakan jenis dan kelompok tulang. Setelah kembali dipelajari dengan berulang-ulang dan dengan cermat dipelajari, kemudian sambil menghafal dengan cara mengulang dan dilaksanakan dalam jangka waktu yang lama ternyata Belarmino mampu memahami jenis-jenis tulang dalam tubuh manusia dengan baik. Belarmino telah menggunakan kemampuan berpikir, menganalisis, mengingat dan mampu mempresentasikan secara verbal dan
penulis adalah dosen pada fakultas psikologi UNIVERSITAS PERSADA INDONESIA YAI
Comments
Post a Comment