OTORITA, BUKU DAN MENGAJAR
JAKARTA, 21 NOPEMBER 2023
OTORITA
melakukan koordinasi dengan satpol pp dan satpam dalam upaya menertibkan pedagang kaki lima depan kampus
MENGAJAR
mengajar mata kuliah filsafat ilmu pada program magister psikologi
BUKU
melanjutkan penulisan buku psikologi pendidikan
contoh
Berkenaan dengan rumusan teori sosial kognitif yang digagas oleh Bandura,
terdapat beberapa asumsi dasar (Ormrod, 2011) yang menjadi acuan untuk memahami
teori tersebut sebagai berikut :
§
People can learn by observing others. Dalam perspektif instrumental conditioning belajar
itu berlangsung secara dalam proses
trial and error : peserta didik berupaya mencari dan memberi respons yang
berbeda dalam pengertian selalu mencoba dan hasilnya mampu meningkatkan hasil
yang diinginkan namun sebetulnya usaha tersebut tidak produkktif. Teori sosial
kognitif tidak demikian halnya senantiasa bereksperimen dengan jalan mencoba-coba sekalipun diperolah
hasil yang diinginkan, melainkan seseorang dapat menemukan banyak respons baru
melalui cara mengobservasi perilaku orang lain atau mengobservasi orang yang
dijadikan model. Sebagai contoh peserta didik barupaya bagaimana caranya dapat
mengucapkan kata-kata yang benar, maka peserta didik melakukan pengamatan apa
yang diucapkan guru atau orang lain dan dengan demikian peserta didik dapat
mengucapkan dengan benar sesuai kata atau kalimat yang diamatinya.
§
Learning is an internal process that may or not lead
to a behavior change.Sekali waktu seseorang ingin menunjukkan sesuatu ketrampilan yang baru
dipelajarinya, kemudian ketrampilan tersebut memberi dampak dikemudian hari,
namun tidak keseluruhan ketrampilan yang dipelajarinya akan mampu
ditunjukkannya. Sebagai contoh kita mencoba mengayunkan raket tenis sesegera
mungkin setelah kita mempelajarinya sesuai dengan cara yang benar. Namun sekali
waktu kita ingin mendemonstrasikan bagaimana caranya kita mampu secara bijaksana meminta maaf
dikemudian hari jika memang kita perlu meminta maaf. Mungkin juga kita tidak pernah berjalan
dikampus dengan telanjang bulat, tanpa
disengaja mungkin beberapa kali kita menemukan hal yang demikian. Pandangan
behaviorisme bahwa belajar itu adalah perubahan perilaku, sedangkan pandangan
sosial kognitif bahwa belajar adalah terjadinya proses mental secara internal
yang mungkin atau tidak mungkin mempengaruhi perilaku yang merupakan refleksi
perilaku belajar peserta didik.
Comments
Post a Comment