OTORITA, BUKU DAN MENGAJAR

 JAKARTA, 21 NOPEMBER 2023

OTORITA

melakukan koordinasi dengan satpol pp dan satpam dalam upaya menertibkan pedagang kaki lima depan kampus

MENGAJAR

mengajar mata kuliah  filsafat ilmu pada program magister psikologi

BUKU

melanjutkan penulisan buku psikologi pendidikan 

contoh

Berkenaan dengan rumusan teori sosial kognitif yang digagas oleh Bandura, terdapat beberapa asumsi dasar (Ormrod, 2011) yang menjadi acuan untuk memahami teori tersebut sebagai berikut :

§  People can learn by observing others. Dalam perspektif instrumental conditioning belajar itu berlangsung secara  dalam proses trial and error : peserta didik berupaya mencari dan memberi respons yang berbeda dalam pengertian selalu mencoba dan hasilnya mampu meningkatkan hasil yang diinginkan  namun sebetulnya  usaha tersebut tidak produkktif. Teori sosial kognitif tidak demikian halnya senantiasa bereksperimen  dengan jalan mencoba-coba sekalipun diperolah hasil yang diinginkan, melainkan seseorang dapat menemukan banyak respons baru melalui cara mengobservasi perilaku orang lain atau mengobservasi orang yang dijadikan model. Sebagai contoh peserta didik barupaya bagaimana caranya dapat mengucapkan kata-kata yang benar, maka peserta didik melakukan pengamatan apa yang diucapkan guru atau orang lain dan dengan demikian peserta didik dapat mengucapkan dengan benar sesuai kata atau kalimat yang diamatinya.

§  Learning is an internal process that may or not lead to a behavior change.Sekali waktu seseorang ingin menunjukkan sesuatu ketrampilan yang baru dipelajarinya, kemudian ketrampilan tersebut memberi dampak dikemudian hari, namun tidak keseluruhan ketrampilan yang dipelajarinya akan mampu ditunjukkannya. Sebagai contoh kita mencoba mengayunkan raket tenis sesegera mungkin setelah kita  mempelajarinya  sesuai dengan cara yang benar. Namun sekali waktu kita ingin mendemonstrasikan bagaimana caranya  kita mampu secara bijaksana meminta maaf dikemudian hari jika memang kita perlu meminta maaf.  Mungkin juga kita tidak pernah berjalan dikampus dengan telanjang bulat,  tanpa disengaja mungkin beberapa kali kita menemukan hal yang demikian. Pandangan behaviorisme bahwa belajar itu adalah perubahan perilaku, sedangkan pandangan sosial kognitif bahwa belajar adalah terjadinya proses mental secara internal yang mungkin atau tidak mungkin mempengaruhi perilaku yang merupakan refleksi perilaku belajar peserta didik.

penulis adalah dosen pada fakultas psikologi UNIVERSITAS PERSADA INDONESIA  YAI

Comments

Popular posts from this blog

OTORITA, KOORDINASI

OTORITA, EMNGAJAR DAN MENGUJI

OTORITA, UJIAN DAN BUKU