OTORITA, MENGAJAR DAN BUKU
JAKARTA, 23 SEPTEMBER 2023
OTORITA
melakukan koordinasi dengan satpam dan satpol pp untuk menjaga ketertiban pedagang kaki lima depan kampus
MENGAJAR
mengajar pada program doktor ilmu manajemen mata kuliah filsafat ilmu
BUKU
melanjutkan penulisan buku psikologi pendidikan
contoh
i)
Misalnya memberi contoh cara belajar dan menggunakan waktu yang tepat,
memberi contoh dalam mengerjakan soal matematika atau bagaimana teknik
menguasai kosa kata bahasa Inggris dan menggunakan grammer dengan tepat.
ii)
Mendorong peserta didik agar mampu berkomunikasi secara optimis. Maksudnya
gagasan, hasil pengamatan yang
dituangkan dalam bentuk tulisan yang akan disampaikan secara lisan, yakinkan kepada peserta didik bahwa
gagasannya itu baik, menarik dan cemerlang, sekalipun dalam perspektif guru
bahwa gagasan tersebut masih perlu diperbaiki. Yakinkan pada peserta didik bahwa tidak perlu
ragu-ragu menyampaikan gagasan, dan yang terpenting adalah berani memulainya
sekalipun banyak kekurangannya.
iii)
Hindari terlalu banyak memberikan
umpan balik terhadap upaya yang telah dilakukan peserta didik. Penggunaan
kalimat yang tepat dan hemat sesuai dengan harapan peserta didik akan memberi
makna yang berarti bagi dalam upaya meningkatkan motivasi belajarnya, disamping
itu peserta didik akan memandang bahwa guru sangat menghargai pekerjaannya.
iv)
Jika peserta didik telah menguasai
metari pembelajaran dengan baik dan benar usahakan meminimalkan memberi
umpan balik. Jangan melakukan pengulangan tentang materi pembelajaran yang telah dikuasai oleh peserta didik yang
justru akan menimbulkan kebosanan.
v)
Tunjukkan strategi umpan balik yang
sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan ini sifatnya individual. Berbeda
halnya antara peserta didik yang cerdas
dan yang kurang cerdas, peserta didik yang rajin dan yang kurang bersemangat
untuk belajar. Strategi yang kurang tepat dalam pemberian umpan balik akan
berdampak pada kebosanan peserta didik
untuk belajar.
Comments
Post a Comment