OTORITA, MENGAJAR DAN BUKU

JAKARTA, 13  MARET 2024

OTORITA

melakukan koordinasi dengan satpam untuk tetap menjaga keamanan kampus agar selalu kondusif dan juga dengan teknisi untuk memelihara fasilitas kampus

MENGAJAR

mengajar mata kuliah h pengembangan diri dan karir pada program sarjana psikologi

BUKU

melanjutkan penulisan buku psikologi pendidikan

contoh

A.      Prinsip Teori Belajar Berdasarkan Pendekatan Kognitif

Berdasarkan contoh dalam pengantar yang telah dipaparkan dapatlah dipahami bahwa proses belajar dilaksanakan oleh guru membutuhkan kemampuan peserta didik untuk memahami berbagai informasi, menyimak fungsi dan prosedur informasi, menganalisis informasi dan berjuta-juta informasi lainnya yang diarahkan untuk mengembangkan kemampuan dan kualitas kognitif peserta didik. Pendekatan ini telah menjawab keterbatasan pendekatan belajar behaviorisme dan sosial kognitif. Pendekatan ini muncul setelah mengamati berbagai tuntutan  dan dinamika kehidupan yang semakin kompleks. Pada perang Dunia II para peneliti mulai bergegas melakukan penelitian  dalam upaya menjawab adanya tuntutan kemampuan dan ketrampilan yang semakin kompleks karena pendekatan behaviorisme tidak cukup mampu untuk menjawab bagaimana sesungguhnya manusia belajar bahasa (Chomsky, 1959) dan percepatan perkembangan informasi dengan teknologi komputer yang mendorong gencarnya penelitian untuk memahami proses berpikir dan perilaku manusia dan dampaknya adalah munculnya gerakan yang disebut dengan istilah “ cognitive revolution” yang ditandai oleh bergesernya arah behaviorisme ke arah pendekatan teori belajar kognitif  “cognitive theories of learning” (Eggen dan Kauchak, 2004). Gerakan cognitive revolution dimulai sejak pertengahan tahun 1950 an dan awal tahun 1970an. Sebetulnya psikolog  berkebangsaan Belanda yang bernama  Franciscus Donders (1968) dapat disebut sebagai pioner yang pertama yang melakukan eksperimen dalam laboratorium. Donders melakukan eksperimen tentang kerja memori manusia dengan mengamati reaksi dan kemampuan berpikir manusia. Kerja Donders menjadi dasar bagi berkembangnya kajian Psikologi Kognitif ( Goldstein, 2008). Juga Ebbinghaus (1985/1913) sebagai pioner dalam pengembangan Psikologi Kognitif. Ebbinghaus tertarik mengkaji  hakekat memory dan mengapa terjadi proses lupa, secara khusus mengkaji bagaimana informasi dapat dipelajari dan kemudian terlupakan ( Goldstein, 2008).

penulis adalah dosen pada fakultas psikologi UNIVERSITAS PERSADA INDONESIA YAI

Comments

Popular posts from this blog

OTORITA, KOORDINASI

OTORITA, EMNGAJAR DAN MENGUJI

OTORITA, UJIAN DAN BUKU