OTORITA, BIMBINGAN DANN BUKU

 JAKARTA, 2 FEBRUARI 2024

OTORITA

melakukan koordinasi dengan satpam untuk tetap menjaga dan mencabut jika terdapat spanduk depan kampus tentang tentang iklan parpol

BIMBINGAN 

melakukan bimbingan skripsi dan tesis bagi  mahasiswa program sarjana dan magister

BUKU

melanjutkan penulisan buku psikologi pendidikan 

contoh

Students with social or behavioral problems

·   Mengalami kesulitan belajar yang tidak terjadi pada anak pada umumnya dan juga dalam hubungannya dengan lingkungan sosialnya (diantara mereka tergolong peserta didik yang autism

·   Kesulitan dalam membuat perencanaan yang berdampak positif dan sulit memahami dampak dari perilaku yang ditampilkan

·   Kesulitan dalam bergaul dengan teman sebaya dan perilaku prososial yang rendah (termasuk diantara peserta didik  yang mengalami gangguan emosional dan perilaku)

·   Lemahnya kemampuan mengatur emosi dan perilaku

·   Lemahnya  kemampuan dalam memecahkan masalah sosial

·    Peragakan perilaku di dalam kelas yang dapat dijadikan model, gabungkan model yang diperagakan dengan ujaran yang jelas dan pergunakan media visual sebagai media kumunikasi untuk menyampaikan perilaku yang diharapkan

·    Diskusikan kemungkinan dari dampak perilaku jika terjadi kecenderungan adanya konflik sosial

·    Berikan kesempatan pada peserta didik untuk berdiskusi, berinteraksi dengan teman sebayanya agar diperoleh model yang dapat dijadikan contoh. Misalnya model perilaku sosial dan prososial

·     Dapat juga dilakukan melalui memutaran film tentang perilaku yang dapat dijadikan model dan peserta peserta didik mengamatinya sehingga peserta didik dapat mencontoh perilaku yang  bagaimana  seyogianya yang  patut dijalaninya

·    Ajarkanlah agar peserta didik mempu mengembangkan  strategi regulasi diri (seperti melakukan monitoring terhadap diri sendiri, menginstruksikan diri sendiri, dan self-regulated problem solving)

·    Bantulah peserta didik  agar dapat mengakui dan menginterpretasikan bahasa tubuh seseorang dan perilaku sosial lainnya

 

Students with general delays in cognitive and social functioning

·   Self-efficacy yang rendah dalam bidang akademik

·   Kecenderungan membutuhkan pendampingan dan bimbingan dalam upaya bagaimana seyagianya berperilaku

·   Tujuan pencapaian bidang akademik yang rendah nanum berupaya menghindari kegagalan

·   Sangat kurang atau tidak memiliki regulasi diri dalam belajar dan berperilaku

·    Memberi dorongan dan semangat atas usaha yang dilakukan peserta didik dalam mengerjakan tugas akademik dan mengembangkan kemampuan peserta didik untuk mencapai kesuksesan

·    Memberi contoh tentang perilaku yang dikehendaki, menunjukkan siapa diantara peserta didik yang dapat dijadikan model oleh peserta didik lainnya

·    Memberi dorongan untuk menetapkan tujuan yang realistik dan bagaimana upaya mencapai prestasi belajar sesuai dengan potensinya

·    Kembangkan dan dorong kemampuan regulasi diri peserta didik ( ajarkan peserta didik bagaimana melaksanakan monitoring terhadap kegiatan yang dilaksanakannya dan memberi penguatan bagi dirinya sendiri)

Student with physical or sensory challenges

·   Peluang untuk mengembangkan ketrampilan regulasi diri sangat kecil karena gangguan kesehatan  dan atau lemahnya kontrol terhadap lingkungan

·    Ajarkan ketrampilan untuk mengembangkan kemandirian

·    Ajarkan peserta didik untuk mengembangkan kemampuan untuk membuat pertanyaan yang positif, misalnya saya pasti dapat  mengerjakannya dan kemudian kembangkan self-efficacy peserta didik agar mampu bekerja secara mandiri

Students with advanced cognitive development

·  Memiliki self-efficacy yang tinggi dalam bidang akademik

·  Mampu menunjukkan kinerja yang tinggi

·  Self-regulated learning yang sangat efektif

·  Memiliki rangkaian pencapaian prestasi belajar yang tinggi dan dengan mudah dicapainya.

·    Sediakan fasilitas yang mendukung kegiatan akademik peserta didik agar munculnya kebutuhan untuk mencapai prestasi belajar yang tinggi

·    Sediakan peluang bagi peserta didik agar mereka belajar secara mandir

·    Sediakan dan beri tugas-tugas yang menantang, ajarkan mengembangkan strategi yang konstruktif  yang  dijadikan acuan jika mengahadapi  kegagalan ataupun keberhasilan dalam melaksanakan tugas-tugas akademik. Ketekunan dalam mengerjakan tugas dan memahami materi pembelajaran dan petunjuk untuk menghadapi tugas-tugas dimasa depan.


penulis adalah dosen pada fakultas psikologi  UNIVERSITAS PERSADA INDONESIA  YAI

Comments

Popular posts from this blog

OTORITA, KOORDINASI

OTORITA, EMNGAJAR DAN MENGUJI

OTORITA, UJIAN DAN BUKU