OTORITA, BIMBINGAN DANN BUKU
JAKARTA, 2 FEBRUARI 2024
OTORITA
melakukan koordinasi dengan satpam untuk tetap menjaga dan mencabut jika terdapat spanduk depan kampus tentang tentang iklan parpol
BIMBINGAN
melakukan bimbingan skripsi dan tesis bagi mahasiswa program sarjana dan magister
BUKU
melanjutkan penulisan buku psikologi pendidikan
contoh
Students with social or behavioral problems |
·
Mengalami
kesulitan belajar yang tidak terjadi pada anak pada umumnya dan juga dalam
hubungannya dengan lingkungan sosialnya (diantara mereka tergolong peserta
didik yang autism ·
Kesulitan dalam
membuat perencanaan yang berdampak positif dan sulit memahami dampak dari
perilaku yang ditampilkan ·
Kesulitan
dalam bergaul dengan teman sebaya dan perilaku prososial yang rendah
(termasuk diantara peserta didik yang
mengalami gangguan emosional dan perilaku) ·
Lemahnya
kemampuan mengatur emosi dan perilaku ·
Lemahnya kemampuan dalam memecahkan masalah sosial |
·
Peragakan
perilaku di dalam kelas yang dapat dijadikan model, gabungkan model yang
diperagakan dengan ujaran yang jelas dan pergunakan media visual sebagai
media kumunikasi untuk menyampaikan perilaku yang diharapkan ·
Diskusikan
kemungkinan dari dampak perilaku jika terjadi kecenderungan adanya konflik
sosial ·
Berikan
kesempatan pada peserta didik untuk berdiskusi, berinteraksi dengan teman
sebayanya agar diperoleh model yang dapat dijadikan contoh. Misalnya model
perilaku sosial dan prososial ·
Dapat juga dilakukan melalui memutaran film
tentang perilaku yang dapat dijadikan model dan peserta peserta didik
mengamatinya sehingga peserta didik dapat mencontoh perilaku yang bagaimana
seyogianya yang patut
dijalaninya ·
Ajarkanlah
agar peserta didik mempu mengembangkan
strategi regulasi diri (seperti melakukan monitoring terhadap diri
sendiri, menginstruksikan diri sendiri, dan self-regulated problem solving) ·
Bantulah
peserta didik agar dapat mengakui dan
menginterpretasikan bahasa tubuh seseorang dan perilaku sosial lainnya |
Students with general delays in cognitive and social functioning |
·
Self-efficacy
yang rendah dalam bidang akademik ·
Kecenderungan membutuhkan
pendampingan dan bimbingan dalam upaya bagaimana seyagianya berperilaku ·
Tujuan
pencapaian bidang akademik yang rendah nanum berupaya menghindari kegagalan ·
Sangat kurang
atau tidak memiliki regulasi diri dalam belajar dan berperilaku |
·
Memberi dorongan
dan semangat atas usaha yang dilakukan peserta didik dalam mengerjakan tugas
akademik dan mengembangkan kemampuan peserta didik untuk mencapai kesuksesan ·
Memberi contoh
tentang perilaku yang dikehendaki, menunjukkan siapa diantara peserta didik
yang dapat dijadikan model oleh peserta didik lainnya ·
Memberi
dorongan untuk menetapkan tujuan yang realistik dan bagaimana upaya mencapai
prestasi belajar sesuai dengan potensinya ·
Kembangkan dan
dorong kemampuan regulasi diri peserta didik ( ajarkan peserta didik
bagaimana melaksanakan monitoring terhadap kegiatan yang dilaksanakannya dan
memberi penguatan bagi dirinya sendiri) |
Student with physical or sensory challenges |
·
Peluang untuk
mengembangkan ketrampilan regulasi diri sangat kecil karena gangguan kesehatan dan atau lemahnya kontrol terhadap
lingkungan |
·
Ajarkan
ketrampilan untuk mengembangkan kemandirian ·
Ajarkan
peserta didik untuk mengembangkan kemampuan untuk membuat pertanyaan yang
positif, misalnya saya pasti dapat
mengerjakannya dan kemudian kembangkan self-efficacy peserta didik
agar mampu bekerja secara mandiri |
Students with advanced cognitive development |
· Memiliki self-efficacy yang tinggi dalam bidang
akademik · Mampu menunjukkan kinerja yang tinggi · Self-regulated learning yang sangat efektif · Memiliki rangkaian pencapaian prestasi belajar yang
tinggi dan dengan mudah dicapainya. |
·
Sediakan
fasilitas yang mendukung kegiatan akademik peserta didik agar munculnya
kebutuhan untuk mencapai prestasi belajar yang tinggi ·
Sediakan
peluang bagi peserta didik agar mereka belajar secara mandir ·
Sediakan dan
beri tugas-tugas yang menantang, ajarkan mengembangkan strategi yang
konstruktif yang dijadikan acuan jika mengahadapi kegagalan ataupun keberhasilan dalam
melaksanakan tugas-tugas akademik. Ketekunan dalam mengerjakan tugas dan
memahami materi pembelajaran dan petunjuk untuk menghadapi tugas-tugas dimasa
depan. |
penulis adalah dosen pada fakultas psikologi UNIVERSITAS PERSADA INDONESIA YAI
Comments
Post a Comment