OTORITA, MENGAJAR DAN BUKU

 JAKARTA, 30 NOPEMBER 2023

OTORITA

melakukan koordinasi dengan satpol pp dan satpam dalam rangka menertibkan pedagang kaki lima depan kampus dan koordinasi dengan teknisi dalam rangka mengecek kembali keadaan gedung A kampus dipenegoro

MENGAJAR

mengajar mata kuliah analisis perilaku dan intervensi  psikologi pendidikan pada program magister psikologi

BUKU

melanjutkan penulisan buku  psikologi pendidikan 

contoh

§  bahan kuliah. Dalam situasi yang demikian apakah kamu pernah mengikuti kelas reguler, namun jarang membuka buku teks yang dianjurkan. Jika respons-respons khusus diberi penguatan pada setiap saat dilaksanakan, maka peserta didik  mengharapkan diberi penguatan untuk perilaku yang sama dimasa yang akan datang. Terdapat harapan dibenak peserta didik tentang perilaku yang akan ditunjukkan dimasa  depan  yang sesuai dengan penguatan atau hukuman yang diterimany saat ini. Persoalannya adalah apakah peserta didik akan melakukannya atau tidak melakukannya.

§  Harapan- harapan peserta didik dipengaruhi oleh apa yang berlaku pada orang lain sebagaimana juga bagi dirinya. Contohnya, ketika saya masih duduk dibangku kelas tiga sekolah dasar,  saya mengikuti sebuah kontes Halloween, semacam kontes pakaian  sebagai Happy Tooth, ada berbagai macam pasta gigi yang diperagakan saat itu. Saya tidak memenangi kontes tersebut dan ternyata yang menjadi pemenang adalah “tukang sihir perempuan” dan mendapat hadiah pertama. Pada kontes tahun berikutnya saya mengikuti kontes dan menjadi seperti “tukang sihir perempuan” dan saya mendapat tempat pertama.  Dalam situasi yang demikian, pengalaman saya itu yang sebagai penguat tidak secara langsung memberi dampak, tetapi saya melakukan seperti yang orang lain lakukan. Hal ini terjadi melalui pengamatan tentang apa yang orang lain lakukan. Ini disebut sebagai vicarious reinforcement. Demikian juga sebaliknya apa yang disebut dengan vicarious punishment. Peserta didik tidak akan melakukan perilaku yang menyimpang jika peserta didik melihat dampak perilaku yang demikian mendapat hukuman. Vicarious punishment ternyata mampu menekan perilaku yang diinginkan  dan juga perilaku yang tidak dinginkan. Sebagai guru  diharapkan mampu secara bijaksana melaksanakan penguatan dan hukuman bagi  peserta didik sehingga memberi peluang bagi peserta didik untuk menyadari apa yang telah dilakukan dan yang akan dilakukan dikemudian hari.

Harapan-harapan tentang konsekuensi dimasa depan berdampak pada bagaimana dan apa yang seharusnya dilakukan peserta didik dalam memproses informasi baru dalam struktur kognitifnya. Jika peserta didik percaya bahwa mereka akan memperoleh penguatan untuk mempelajari materi pelajaran tertentu, maka mereka akan menunjukkan perhatian khusus untuk mempelajarinya dan terjadilah proses mental dalam upaya menyimak materi pelajaran. Dan sebaliknya jika mereka tidak mengharapkan adanya penguatan dalam upaya mempelajari materi pelajaran tersebut, maka mereka tidak memiliki perhatian dan proses kerja mentalpun tidak

penulis adalah dosen pada fakultas psikologi UNIVERSITAS PERSADA INDONESIA YAI 

Comments

Popular posts from this blog

OTORITA, KOORDINASI

OTORITA, EMNGAJAR DAN MENGUJI

OTORITA, UJIAN DAN BUKU