OTORITA, MENGAJAR DAN BUKU

 JAKARTA, 30 OKTOBER 2023


OTORITA

melakukan koordinasi dengan satpam dan satpol pp untuk menjaga ketertiban pedagang kaki lima depan kampus

MENGAJAR

mengajar mata kuliah FILSAFAT ILMU pada program doktor psikologi

BUKU

melanjutkan penulisan buku psikologi pendidikan 

contoh

Dalam kaitannya dengan proses pembelajaran yang berkaitan dengan Applied behavior analysis (ABA)  maka program Applied behavior analysis memberi landasan pembelajaran seperti yang dikemukakan oleh Krause dkk.  (2007) sebagai berikut :

v  Precision teaching. Program dan metode pembelajaran yang didasarkan pada data-based termasuk di dalamnya pelaksanaan dan hasil asesmen sehari – hari. Setiap tugas dalam belajar yang telah dirancang oleh guru, dituangkan dan disapih menjadi rincian tugas yang lebih operasional dan dapat dikerjakan secara bertahap dan  ini merupakan implimentasi dari task analysis. Precision teaching ini menjadi sangat efektif dalam upaya meningkatkan ketrampilan akademik.

v  Mastery learning adalah metode pembelajaran yang dapat diikuti oelh semua peserta didik, baik yang cepat menanggani pelajaran maupun yang lambat. Metode ini diarahkan untuk mencapai  penguasaan materi pembelajaran.  Penguasaan materi pembelajaran diupaya secara bertahap, jika tahap pertama sudah dikuasai barulah peserta didik dapat mempelajari materi pelajaran berikutnya. Kegiatan belajar yang ditempuh peserta didik sesuai dengan potensi dan kemampuannya.

v  Direct instruction adalah metode pembelajaran yang didasarkan pada pengajaran secara langsung yang dilaksanakan oleh guru dan hasil tes dijadikan acuan untuk mengetahui penguasaan materi pembelajaran oleh peserta didik. Tujuan pembelajaran secara tegas dioperasionalkan, proses pembelajaran dilaksanakan secara bertahap, mengikuti tahapan yang jelas dan hasilnya terukur serta sifatnya sangat formal.

v  DISTAR yang disebut Direct Instruction System for Teaching and Remediation adalah bentuk program pembelajaran yang sangat terstruktur dan didasarkan pada  direct instruction. DISTAR adalah program yang terdiri dari seperangkat materi pembelajaran yang memiliki urutan yang sitematis termasuk di dalamnya apa yang harus dikerjakan oleh guru dan juga peserta didik serta berisi umpan balik yang harus dikerjakan oleh guru berdasarkan hasil pekerjaan peserta didik. Guru mengkoreksi pekerjaan peserta didik dengan saksama dan mengembalikannya sehingga peserta didik mengetahui tingkat penguasaan materi pembelajaran yang dikerjakannya (Engelmann & Bruner, 1975 yang dikutip oleh Ormrod, 2011).

 

Aplikasi Teori behavirisme Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus

Pendekatan behaviorisme tidak saja dapat diimplimentasikan dalam proses pembelajaran bagi  peserta didik yang tergolong normal tetapi juga dapat diimplimentasikan bagi  peserta didik berkebutuhan khusus yang disebut pada BAB V  dengan istilah pendidikan inklusi. Untuk itu pelajari dengan baik jenis dan karakteristik pendidikan bagi peserta didik berkebutuhan khusus. Program dan pelaksanaan pembelajaran bagi  peserta didik berkebutuhan khusus kecuali peserta didik yang tergolong gifted dan talented, pendekatan behaviorisme menjadi sangat penting dan bermakna. Rekayasa lingkungan belajar termasuk program dan pelaksanaan pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan oleh guru menjadi acuan utama. Peserta didik diasumsi memerlukan rekayasa lingkungan termasuk program dan


penulis adalah dosen pada fakultas psikologi UNIVERSITAS PERSADA INDONESIA YAI 

Comments

Popular posts from this blog

OTORITA, KOORDINASI

OTORITA, EMNGAJAR DAN MENGUJI

OTORITA, UJIAN DAN BUKU