OTORITA, MENGAJAR DAN BUKU
JAKARTA, 26 OKTOBER 2023
OTORITA
melakukan koordinasi dengan satpam dan satpol pp untuk menertibkan pedagang kaki lima depan kampus
MENGAJAR
mengajar mata kuliah ANALISIS PERILAKU DAN INTERVENSI PSIKOLOGI PENDIDIKAN pada program magister Psikologi
KOORDINASI
melakukan rapat koordinasi dengan panitia wisuda LPT YAI
BUKU
melanjutak penulisan buku psikologi pendidikan
contoh
1. dengan mempertimbangkan faktor hukuman yang
seyalayaknya diberikan kepada peserta didik. Idealnya, sistem applied
behavior analysis didasarkan
pada pemberian penguatan tanpa adanya hukuman. Hukuman itu dapat diberikan jika
memang dibutuhkan dengan pertimbangan – pertimbangan yang sifatnya edukatif.
Dalam upaya melakukan perubahan perilaku yang dikehendaki langkah awal yang
perlu dilakukan adalah guru harus memberi perhatian khusus terhadap peserta
didik katakanlah si Kunyiran dan berupaya memperbaiki perilakunya dengan metode
yang sesuai dengan keadaannya dan setiap perubahan perilaku yang ditunjukkan
berikan pujian agar dia merasakan bahwa apa yang telah dilakukan
dihargai oleh guru. Berikan tanggung jawab terhadap perilaku yang
ditunjukkannya bahwa apa yang telah dilakukan kearah yang dihendaki oleh guru
adalah atas hasil usahanya, dia harus menjaga dan berupaya secara bertahap
bahwa apa yang telah dilakukan menjadi miliknya sendiri. Peningkatan kesadaran
dirinya merupakan penguatan yang berasal dari dirinya sendiri.
2. Lakukan pengukuran terhadap perubahan perilaku setelah
dilakukan intervensi melalui proses penguatan. Pengukuran yang sifatnya
sederhana dengan cara mencatat perubahan perilaku yang ditampilkan. Misalnya minggu pertama si
Kunyiran 2 kali mengganggu teman, minggu ketiga satu kali dan minggu keempat
tidak lagi mengganggu teman. Begitu juga misalnya dalam mengikuti pelajaran
matematika, minggu pertama kelihatan kurang serius dan tidak mengerjakan
pekerjaan rumah, munggu kedua telah mulai serius dan mengerjakan pekerjaan
rumah dan minggu ketiga sudah menunjukkan keseriusan dan mengerjakan pekerjaan
rumah. Hal ini telah menunjukkan perubahan perilaku yang meyakinkan dan dengan
demikian frekuensi pemberian penguatan perlu dikurangi.
3. Mengurangi frekuensi pemberian penguatan setelah
peserta didik, contoh dalam kasus si Kunyiran. Setelah secara bertahap peserta
didik mengalami perubahan perilaku dan tumbuhnya tanggung jawab dalam dirinya
maka guru perlu mengurangi pemberian penguatan. Penguatan secara internal yang
bersumber dari dalam diri peserta didik itulah yang memotivasi dirinya untuk
melakukan perubahan perilaku yang produktif seperti yang telah dirancang oleh
guru. Applied behavior analysis
bukanlah sesuatu yang bersifat magis yang dilakukan tanpa usaha dan langsung
jadi, melainkan usaha yang serius dari guru dengan tahapan intervensi yang
saksama, dilakukan secara bertanggung jawab dan hasilnya dievaluasi secara
bertahap dan sistematis. Applied behavior
analysis akan sangat membantu guru dalam mengembangkan perilaku peserta
didik termasuk peserta didik yang mengalami penyimpangan perilaku. Metoda ini
akan sangat efektif jika dilaksanakan oleh guru yang telah berpengalaman
mengajar dan guru yang disebut sebagai guru yang kompeten.
Comments
Post a Comment