OTORITA. MENGAJAR DAN BUKU

 JAKARTA, 12 OKTOBER 2023

OTORITA

melakukan koordinasi dengan satpam dan satpol pp dalam rangka menjaga ketertiban pedagang kaki lima depan kampus

MENGAJAR

mengajar mata kuliah ANALISIS PERILAKU DAN INTERVENSI PSIKOLOGI PENDIDIKAN pada program magister psikologi sains

KOORDINASI

1. melakukan koordibnasi dengan panitia wisuda LPT YAI  dalam rangka pelaksanaan wisuda tgl 12 nopember 2023

2. melakukan koordinasi dengan pihak jcc dan juga dengan lldikti

BUKU

melanjutkan penulidsan buku psikologi pendidikan

contoh

perilaku yang akan datang yang sesuai dengan yang telah ditetapkan. Perilaku tersebut dapat diajarkan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Misalnya peserta didik yang telah termotivasi  dalam upaya mendalami pokok bahasan tertentu dalam mata pelajaran matematika, katakan saja tentang perkalian. Perilaku tersebut menjadi dasar bagi upaya peserta didik untuk memecahkan persoalan pecahan. Demikian seterusnya sehingga perilaku tersebut memiliki kaitan secara fungsional.

 

Cueing

Cueing  diartikan ketika guru menggunakan stimulus yang spesifik  sebagai  tanda isyarat yang digunakan untuk menumbuhkan respons  yang dikehendaki. Misalnya guru menghendaki agar peserta didik memberi jawaban yang lengkap dan benar atas permasalahan yang diajukan, maka guru memberi isyarat yang mengingatkan peserta didik bahwa masalah yang akan dipecahkan berkaitan dengan isyarat yang diberikan guru.

 

Prompting

Prompting diartikan ketika  guru menggunakan stimulus tambahan yang digunakan  untuk membantu  peserta didik agar mampu membuat perbedaan mengenai kartereristik stimulus yang telah diberikan dan karakteristiknya relevan. Maksudnya memberi  semacam isyarat bahwa stimulus yang telah diberikan guru, harus mampu dilanjutkan dengan benar. Misalnya peserta didik yang mengucapkan sebuah kata atau kalimat tertentu dan peserta didik menemui kesulitan untuk melanjutkannya, maka guru memberi isyarat tertentu agar peserta didik dapat melanjutkan kata atau  kalimat tersebut dengan benar. Contoh  tokoh proklamator Republik Indonesia adalah Bung . . . . ( Karno ).

 

Modelling

Modelling adalah  bentuk percontohan yang dilakukan guru  dengan harapan peserta didik dapat mencontoh dan mengikutinya. Misalnya guru yang sedang mengajar peserta didik yang masih duduk di Taman kanak-kanak mengenai jenis buah-buahan, maka guru memegang dan menunjukkan buah manggis, buah apel, buah anggur dan sebagainya kepada anak – anak. Contoh “anak-anak  ini adalah buah manggis”. Melalui penunjukkan benda tersebut, anak memperoleh informasi dan  memahami bahwa benda  tersebut adalah buah apel dan jenis buah lainnya.

 

Task analysis

Task analysis adalah  penguraian bentuk tugas yang pelaksanaannya dikerjakan  secara bertahap, teratur,terurai secara mendetail dan terukur. Task analysis ini akan sangat membantu peserta didik untuk memperoleh ketrampilan baru, terutama dalam upaya mengerjakan tugas yang dianggapnya sulit. Dalam upaya mengimplimentasikan  task analysis  diperlukan kecermatan guru menganalisis materi pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan peserta didik dan proses evaluasi dari setiap tahapan agar dapat dipahami tingkat kemajuan belajar peserta didik, termasuk jenis kesulitan yang dialamai oleh peserta didik dalam mengerjakan tugas-tugas  sesuai dengan tahapan yang telah ditentukan. Contoh task analysis yang dapat dilakukan guru kelas satu sekolah dasar, terutama bagi  peserta didik yang baru mulai belajar menulis.

penulis adalah dosen pada fakultas psikologi UNIVERSITAS PERSADA INDONESIA YAI

Comments

Popular posts from this blog

OTORITA, KOORDINASI

OTORITA, EMNGAJAR DAN MENGUJI

OTORITA, UJIAN DAN BUKU