OTORITA, MENGAJAR DAN BUKU

 JAKARTA, 26 SEPTEMBER 2023

OTORITA

melakukan koordinasi dengan satpam dan satpol pp untuk ketertiban pedagang kaki lima depan kampus


MENGAJAR

menagjar filsafat ilmu pada program magister sains psikologi

BUKU

melanjutkan penulisan buku psikologi pendidikan

contoh

   3  -  5

 

§ Peningkatan kemampuan peserta didik untuk menunda kepuasan agar peserta didik menyadari bahwa diperlukan upaya yang lebih bersungguh-sungguh untuk mencapai prestasi yang baik. Misalnya menunda memberi penguatan pada saat yang tepat dan guru tidak tergesa-gesa memberi penguatan

§ Contoh pemberian penguatan yang efektif :

Ø Penguatan yang kongrit, misalnya memberi permainan, krayon, pensil dan sejenisnya

Ø Guru memberi umpan balik dan memberi persetujuan

Ø Memberi sertifikat sebagai warga kota yang baik

Ø Memberi pembebasan waktu, misalnya peserta didik diberi kesempatan menggambar atau bermain games dan sejenisnya

v  Gunakan penguatan secara tepat dan jangan terlalu sering, kecuali berkaitan dengan aktivitas kelas yang baru dan menantang

v  Berikan hadiah mungkin dalam  bentuk sertifikat bahwa peserta didik adalah warga masyarakat yang baik.

v  Rencanakan dan laksanakan darmawisata ketempat yang menyenangkan dan direkam dengan baik. Kegiatan ini dikhususkan bagi anak yang mengalami masalah akademik.

    6  -  8

 

 

§  Tingkatkan keinginan untuk  bersosialisasi dengan teman  sebaya

§  Contoh penguatan yang efektif

Ø Menggunakan waktu dengan bebas bersama  teman

Ø Saling menerima dan memberi persetujuan dari teman

Ø Guru memberi persetujuan dan dorongan emosional khususnya bagi peserta didik yang berada dalam masa transisi misalnya peserta didik yang akan memilih kelas lanjutan. Contohnya dari kelas menengah ke tingkat menengah lanjutan atas

Ø Memberi umpan balik secara khusus bagi peserta didik   yang menunjukkan prestasi belajar yang memuaskan dan perlu dilakukan secara pribadi

v  Rancang  waktu agar peserta didik dapat menggunakan waktu bebas bersama  teman-temannya. Misalnya peserta didik menggunakan waktu selama  sepuluh menit untuk menyelesaikan tugas yang wajib dikerjakan

v  Luangkan waktu dengan peserta didik, mungkin satu persatu secara khusus bagi peserta didik yang kurang mampu bersosialisasi

v  Sediakan umpan balik secara khusus bagi peserta didik yang telah mampu mengerjakan tugas dengan baik

    9  - 12

 

 

§  Tumbuhkan kesadaran  mempertimbangkan untuk menunda kesenangan sesaat  dalam upaya memperoleh hasil jangka panjang yang lebih baik

§  Memberi perhatian secara khusus terutama dalam mendorong peserta didik untuk mencapai prestasi belajar yang baik dan secara khusus bagi peserta didik yang akan melanjutkan pendidikan ketingkat Universitas

§  Contoh pemberian penguatan yang efektif

Ø Memberi kesempatan pada peserta didik untuk berinteraksi dengan teman – temannya

Ø Memberi umpan balik secara spesifik bagi peserta didik yang menunjukkan prestasi belajar yang tinggi

Ø Bentuk adanya pengakuan publik terhadap usaha peserta didik yang  dilaksanakan secara berkelompok. Misalnya peserta didik membuat surat kabar dalam bentuk artikel tentang kegiatan sekolah atau artikel  tentang pelayanan publik

Ø Memberi tanggung jawab layaknya peserta didik sudah menjadi seorang yang memegang posisi tertentu di dalam masyarakat. Misalnya peserta didik sebagai representasi dari senat perguruan tinggi.

v  Memberi pengakuan atas upaya peserta didik untuk mencapai prestasi belajar dan terutama pada proses dan makna belajar dalam upaya mencapai prestasi belajar yang optimal

v  Yakinkan peserta didik bahwa hasil belajar merupakan upaya yang  menyeluruh bukan hanya sekedar nilai itu sendiri dan perlu disadarkan bahwa perilaku plagiat adalah perbuatan yang tidak dibenarkan

v  Aktivitas dan prestasi ekstrakurikuler juga perlu mendapat perhatian yang serius dari guru

v  Memberi dorongan dan kesempatan bagi peserta didik untuk membuat dan menentukan keputusan secara mandiri dan bertanggung jawab atas keputusan yang diambilnya.

 

penulois adalah dosen pada fakultas psikologi UNIVERSITAS PERSADA INDONESIA YAI

Comments

Popular posts from this blog

OTORITA, KOORDINASI

OTORITA, EMNGAJAR DAN MENGUJI

OTORITA, UJIAN DAN BUKU