OTORITA, KOORDINASI DAN BUKU
JAKARTA, 27 SEPTEMBER 2023
OTORITA
melakukan koordinasi dengan satpam dan satpol pp untuk menjaga ketertiban pedagang kaki lima depan kampus
KOORDINASI
1. melakukan koordinasi dengan anggota AP2TPI dalam rangka persiapan pembukaan progranm studi pendidikan profesi psikologi
2. melakukan koordinasi dengan panitia wisuda dalam rangka persiapan wisuda LPT YAI
BUKU
melanjutkan penulisan buku psikologi pendidikan
contoh
3 - 5
|
§ Peningkatan kemampuan peserta didik untuk menunda
kepuasan agar peserta didik menyadari bahwa diperlukan upaya yang lebih
bersungguh-sungguh untuk mencapai prestasi yang baik. Misalnya menunda
memberi penguatan pada saat yang tepat dan guru tidak tergesa-gesa memberi
penguatan § Contoh pemberian penguatan yang efektif : Ø Penguatan yang kongrit, misalnya memberi permainan,
krayon, pensil dan sejenisnya Ø Guru memberi umpan balik dan memberi persetujuan Ø Memberi sertifikat sebagai warga kota yang baik Ø Memberi pembebasan waktu, misalnya peserta didik
diberi kesempatan menggambar atau bermain games dan sejenisnya |
v Gunakan penguatan secara tepat dan jangan terlalu
sering, kecuali berkaitan dengan aktivitas kelas yang baru dan menantang v Berikan hadiah mungkin dalam bentuk sertifikat bahwa peserta didik
adalah warga masyarakat yang baik. v Rencanakan dan laksanakan darmawisata ketempat yang
menyenangkan dan direkam dengan baik. Kegiatan ini dikhususkan bagi anak yang
mengalami masalah akademik. |
6 - 8
|
§ Tingkatkan keinginan untuk bersosialisasi dengan teman sebaya § Contoh penguatan yang efektif Ø Menggunakan waktu dengan bebas bersama teman Ø Saling menerima dan memberi persetujuan dari teman Ø Guru memberi persetujuan dan dorongan emosional
khususnya bagi peserta didik yang berada dalam masa transisi misalnya peserta
didik yang akan memilih kelas lanjutan. Contohnya dari kelas menengah ke
tingkat menengah lanjutan atas Ø Memberi umpan balik secara khusus bagi peserta
didik yang menunjukkan prestasi
belajar yang memuaskan dan perlu dilakukan secara pribadi |
v Rancang waktu
agar peserta didik dapat menggunakan waktu bebas bersama teman-temannya. Misalnya peserta didik
menggunakan waktu selama sepuluh menit
untuk menyelesaikan tugas yang wajib dikerjakan v Luangkan waktu dengan peserta didik, mungkin satu
persatu secara khusus bagi peserta didik yang kurang mampu bersosialisasi v Sediakan umpan balik secara khusus bagi peserta
didik yang telah mampu mengerjakan tugas dengan baik |
9 - 12
|
§ Tumbuhkan kesadaran
mempertimbangkan untuk menunda kesenangan sesaat dalam upaya memperoleh hasil jangka panjang
yang lebih baik § Memberi perhatian secara khusus terutama dalam
mendorong peserta didik untuk mencapai prestasi belajar yang baik dan secara
khusus bagi peserta didik yang akan melanjutkan pendidikan ketingkat
Universitas § Contoh pemberian penguatan yang efektif Ø Memberi kesempatan pada peserta didik untuk
berinteraksi dengan teman – temannya Ø Memberi umpan balik secara spesifik bagi peserta
didik yang menunjukkan prestasi belajar yang tinggi Ø Bentuk adanya pengakuan publik terhadap usaha
peserta didik yang dilaksanakan secara
berkelompok. Misalnya peserta didik membuat surat kabar dalam bentuk artikel
tentang kegiatan sekolah atau artikel
tentang pelayanan publik Ø Memberi tanggung jawab layaknya peserta didik sudah
menjadi seorang yang memegang posisi tertentu di dalam masyarakat. Misalnya
peserta didik sebagai representasi dari senat perguruan tinggi. |
v Memberi pengakuan atas upaya peserta didik untuk
mencapai prestasi belajar dan terutama pada proses dan makna belajar dalam
upaya mencapai prestasi belajar yang optimal v Yakinkan peserta didik bahwa hasil belajar merupakan
upaya yang menyeluruh bukan hanya
sekedar nilai itu sendiri dan perlu disadarkan bahwa perilaku plagiat adalah
perbuatan yang tidak dibenarkan v Aktivitas dan prestasi ekstrakurikuler juga perlu
mendapat perhatian yang serius dari guru v Memberi dorongan dan kesempatan bagi peserta didik
untuk membuat dan menentukan keputusan secara mandiri dan bertanggung jawab
atas keputusan yang diambilnya. |
Menggunakan Reinforcement Secara Efektif
Dalam melaksanakan proses pembelajaran secara empiris tampaknya penggunaan teknik penguatan menjadi sebuah kebutuhan. Penguatan yang bersifat positif dan juga penguatan negatif jika dilaksanakan oleh pribadi guru yang kompeten akan memberi dampak berarti terhadap motivasi belajar peserta didik. Ormrod (2011) mengemukakan beberapa saran berkenaan dengan menggunakan penguatan yang efektif sebagai berikut
penulis adalah dosen pada fakultas psikologi UNIVERSITAS PERSADA INDONESIA YAI
Comments
Post a Comment