OTORITA DAN BUKU

JAKARTA, 4  SEPTEMBER 2023

OTORITA

melakukan koordinasi dengan satpam dan satpol pp untuk ketertiban pedagang kaki lima


BUKU

melanjutkan penulisan buku Psikologi pendidikan

contoh

 

Adapun implikasi pendekatan behavioris terhadap proses pembelajaran dikemukakan oleh Ormrod (2011) sebagai berikut :

Asumsi

Implikasi

 Contoh

Mengkondisikan lingkungan

Mengkondisikan lingkungan belajar di dalam kelas dalam upaya mengembangkan perilaku peserta didik yang dikehendaki guru

Jika peserta didik mengalami masalah dalam mengerjakan tugas-tugas secara mendiri, guru seyogianya memberi semangat sehingga peserta didik mampu menyelesaikan tugas dengan tepat

Belajar ditandai oleh perubahan perilaku

Belajar itu terjadi apabila hanya peserta didik menunjukkan perubahan perilaku di dalam kelas dan dapat diamati

Guru secara teratur melakukan asesmen terhadap kemajuan belajar peserta didik agar dapat diketahui apa yang peserta didik telah diketahui dan apa yang dapat dikerjakan

Peristiwa – peristiwa yang dapat diamati (stimulus – respons) menjadi  hal yang esensial.

Seyogianya dilakukan identifikasi (termasuk aktifitas mengajar guru) yang  kemungkinan berdampak pada perilaku peserta didik

Jika terdapat peserta didik yang menunjukkan perilaku yang tidak pantas di dalam kelas mungkin mengganggu peserta didik lainnya ataupun menunjukkan perilaku yang kurang mampu memperhatikan penjelasan guru, maka guru perlu memberi perhatian khusus kalau perlu dilaksanakan setiap waktu agar perilaku peserta didik sesuai dengan kondisi pembelajaran yang diciptakan guru

Menciptakan terbentuknya contiguity

Jika guru menghendaki terjadinya keterjalinan antara dua peristiwa relatif secara bersamaan (stimuli, respons, atau stimulus dan respon) dan perlu dikaji dengan benar apakah peristiwa-peristiwa tersebut dapat terbentuk  secara bersamaan

Ciptakan aktifitas pendidikan yang menyenangkan yang dituangkan  ke dalam bentuk jadual setiap hari  sebagai metode membantu peserta didik agar mampu mengkaitkan antara mata pelajaran dengan hal-hal yang menjadi kegemaran peserta didik

Adanya kesamaan prinsip-prinsip belajar diantara beberapa makhluk

Penelitian yang dilakukan pada jenis binatang  cukup relevan dan dapat diaplikasikan ke dalam aktifitas pembelajaran di dalam kelas

Penguatan yang dilakukan bagi anak yang tergolong hiperaktif agar anak dapat duduk teratur dalam waktu yang agak lama. Hasil penelitian pada tikus dan burung merpati dapat dijadikan acuan bagi perlakuan anak hiperaktif



penulis adalah dosen pada fakultas psikologi UNIVERSITAS PERSADA INDONESIA YAI

Comments

Popular posts from this blog

OTORITA DAN MENGAJAR

BIMBINGAN DAN BUKU

OTORITA, BIMBINGAN DANN BUKU