OTORITA, BIMBINGAN DAN BUKU
JAKARTA, 11 JULI 2022
A. OTORITA
Koordinasi dengan satpam, petugas kebersihan dan kepolisian dalam rangka tetap menjaga kondisi kampus yang kondusif dan bersih
B. BIMBINGAN
melakukan bimbingan tesis dan skrip bagi mahasiswa program sarjana dan magister
C. KOORDINASI DENGAN WD 1, WD 2 DAN PRODI
Melakukan koordinasi dengan bidang satu dan dua serta prodi untuk pelaksanaan Ujian Akhir Semester agar dapat berlangsung sesuai dengan ketentuan administrasi dan akademik
C. MENULIS BUKU
melanjutkan penulisan buku . contoh
Berdasarkan kajian tentang pengertian motivasi, maka dapat dipetik beberapa karakteristik yang terkandung di dalam pengertian motivasi sebagai berikut :
· Motivasi menunjuk pada terjadinya proses internal di
dalam diri pribadi yang merupakan energi yang menggerakkan, menuntun dan
memelihara secara konsisten perilaku tertentu
dalam upaya mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
· Motivasi
dicirikan oleh munculnya perilaku yang bersifat dinamis sebagai bentuk adanya
inisiatif, adanya upaya yang sungguh – sungguh dan berkelanjutan, kemampuan
menghadapi tantangan dan upaya mencapai
target-target tertentu yang telah ditetapkan.
· Motivasi
senantiasa didasarkan pada tujuan, apakah itu tujuan jangka pendek,
menengah dan jangka panjang. Tujuan tersebut mengandung standar tertentu yang
didasarkan pada standar internal sesuai
dengan potensi dan kemampuan.
· Motivasi melibatkan aktifitas fisik dan psikologis yang merupakan satu
kesatuan yang tidak terpisahkan. Aktifitas fisik tampak dalam bentuk kegiatan
nyata dan terukur termasuk di dalammnya ketekunan dan kesungguhan dalam mengerjakan tugas,
kegigihan, kedisiplinan yang ditunjukkan dalam mengerjakan sesuatu, dan hasil –
hasil kerja yang dapat diamati. Sedangkan aktifitas kognitif dapat diamati
melalaui membuat perencanaan, mengorganisasikan kegiatan, melakukan
monitoring terhadap hasil kerja yang telah, sedang dan akan dilakukan,
memecahkan masalah, mengambil keputusan.
· Motivasi
dicirikan oleh konsistensi perilaku yang berkelanjutan, tidak pantang menyerah,
mengerjakan tugas-tugas yang menantang dan berupaya mencapai hasil kerja yang
optimal.
Motivasi
memiliki makna yang sangat berarti bagi peserta didik dalam upaya menguasai materi pembelajaran dan pencapaian
prestasi belajar yang optimal sesuai dengan
kemampuan peserta didik. Motivasi belajar yang dimiliki peserta
didik memberi kekuatan internal untuk melakukan
akktifitas belajar secara bersungguh-
sungguh, ulet, penuh disiplin dalam belajar, berupaya melakukan pengayaan
terhadap materi pembelajaran, mencari informasi baru yang berkenaan dengan
upaya mengembangkan pengetahuan, memiliki kepuasan batin ketika mampu menguasai
materi pembelajaran dan dampaknya adalah mampu mencapai prestasi belajar secara
optimal.
penulis adalah dosen pada fakultas Psikologi UNIVERSITAS PERSADA INDONESIA YAI
Comments
Post a Comment