OTORITA, MENGJAR DAN MENULIS BUKU
JAKARTA, 24 JUNI 2022
A. OTORITA
1.Melakukan koordinasi dengan satpam dalam rangka menjaga ketertiban dan keamanan kampus
2. Melakukan koordinasi dengan pengawas kebersihan kampus
3. Koordinasi dengan teknisi
B. MENGAJAR
Mengajar pada program sarjana dalam mata kuliah PSIKOLOGI PENDIDIKAN
C. MELANJUTKAN MENULIS BUKU " MOTIVASI DALAM PENDIDIKAN"
contoh
Berdasarkan
beberapa definisi motivasi yang
dikemukakan di atas , maka dapat dipetik beberapa karakteristik yang
terkandung di dalam pengertian motivasi sebagai berikut :
§
Motivasi menunjuk pada terjadinya proses internal di
dalam diri pribadi yang merupakan energi yang menggerakkan, menuntun dan
memelihara secara konsisten perilaku tertentu
dalam upaya mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
§
Motivasi dicirikan oleh
munculnya perilaku yang bersifat dinamis sebagai bentuk adanya inisiatif,
adanya upaya yang sungguh – sungguh dan berkelanjutan, kemampuan menghadapi
tantangan dan upaya mencapai
target-target tertentu yang telah ditetapkan.
§ Motivasi
senantiasa didasarkan pada tujuan, apakah itu tujuan jangka pendek,
menengah dan jangka panjang. Tujuan tersebut mengandung standar tertentu yang
didasarkan pada standar internal sesuai
dengan potensi dan kemampuan.
§
Motivasi melibatkan aktifitas fisik dan psikologis yang merupakan satu
kesatuan yang tidak terpisahkan. Aktifitas fisik tampak dalam bentuk kegiatan
nyata dan terukur termasuk di dalammnya ketekunan dan kesungguhan dalam mengerjakan tugas,
kegigihan, kedisiplinan yang ditunjukkan dalam mengerjakan sesuatu, dan hasil –
hasil kerja yang dapat diamati. Sedangkan aktifitas kognitif dapat diamati
melalaui membuat perencanaan, mengorganisasikan kegiatan, melakukan
monitoring terhadap hasil kerja yang telah, sedang dan akan dilakukan,
memecahkan masalah, mengambil keputusan.
§
Motivasi dicirikan oleh
konsistensi perilaku yang berkelanjutan, tidak pantang menyerah, mengerjakan tugas-tugas
yang menantang dan berupaya mencapai hasil kerja yang optimal.
1.
Motivasi
dan Prestasi belajar
Mempelajari ilustrasi yang dikemukakan pada pengantar, apa yang
dilakukan oleh peserta didik yang bernama Siska dalam menekuni mata pelajaran matematika,
ternyata Siska memiliki motivasi belajar
matematika yang kuat yang dicirikan oleh ketekunan, kedisiplinan dan
kesungguhan dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya. Siska juga
belajar mengembangkan pemahaman matematika secara mandiri hal ini menunjukkan
konsistensi dalam melakukan kegiatan belajar, semua tugas yang
diberikan oleh gurunya dikerjakannya dengan baik. Kegiatan belajar yang dikukakannya didasarkan pada dorongan internal dan bukan
atas dasar perintah guru dan orang tua. Hasil yang dicapai oleh Siska sangat
memuaskan dan sesuai dengan potensi dan kemampuannya. Upaya yang dilakukan
dengan tekun oleh Siska ternyata terkandung tujuan yang menjadi acuan perilaku
belajarnya yaitu suatu hari kelak Siska bercita-cita menjadi ilmuwan seperti
ilmuwan Amerika yang dapat melakukan penelitian di angkasa luar. Apa yang
terkandung di dalam uraian tersebut, dapatlah diduga bahwa yang diuraiakan
adalah esensi motivasi yang diwakilkan oleh upaya Siska dalam melakukan
kegiatan belajar matematika. Seorang siska yang melakukan perbuatan belajar
dengan bersungguh – sungguh pastilah mampu mencapai prestasi belajar yang telah ditetapkannya dan di dalamnya
terkandung cita-cita yang sekaligus merupakan tujuan dalam kehidupannya.
Penulois adalah dosen pada Fakultas Psikologi UNIVERSITAS PERSADA INDONESIA YAI
Comments
Post a Comment