OTORITA,MENGAJAR DAN BUKU
JAKARTA, 19 DESEMBER 2023
OTORITA
melakukan koordinasi dengan satpol pp dan satpam untuk menjaga ketertiban pedagang kaki lima depan kampus
MENGAJAR
mengajar mata kuliah filsafat ilmu pada program magister psikologi
BUKU
melanjutkan penulisan buku psikologi pendidikan
contoh
Ø Gambarkan apa yang guru sedang kerjakan yang dapat dijadikan model dalam upaya
perubah perilaku peserta didik yang dikehendaki. Guru yang mengajar pada kelas
empat sekolah dasar, menunjukkan dan menjelaskan bagaimana menggunakan
pengolahan kata dengan software dalam upaya mengedit komposisi kata dan guru
secara perlahan dan bertahap memberi penjelasan sambil memperagakan dalam layar
komputer, mana kata yang harus dipotong dan mana kata yang harus ditambah dan
diperbaiki dan kemudian mencek secara cermat setiap kata dalam layar komputer.
Apa yang diperagakan oleh guru dalam layar komputer diikuti oleh peserta didik
dengan cermat atas petunjuk guru sehingga secara bertahap peserta didik dapat
membuat komposisi kata, kalimat dengan benar. Secara bertahap peserta didik
menunjukkan perilaku yang produktif sesuai dengan apa yang telah diperagakan
oleh guru.
Ø Jika guru
mengajarkan perilaku yang kompleks pada peserta didik, perlu
dipersiapkan dengan cermat tahapan yang mesti dilakukan oleh peserta didik
sehingga membantu mereka untuk mempermudah mengingat dan melaksanakannya. Guru
memperagakan cara dan tahapan yang benar dan diikuti oleh peserta didik dan
dilaksanakan secara berulang-ulang sehingga peserta didik mampu
melaksanakannya.
Ø Peserta didik yang telah mampu menunjukkan perilaku
yang dikehendaki setelah diperagakan contoh tertentu, maka guru perlu
memberikan petunjuk yang jelas dan umpan balik sehingga membantu mereka untuk
meningkatkan kualitas kinerjanya. Sebagai contoh guru yang mengajarkan seni
menggambar di sekolah dasar, memperagakan bagaimana menggoreskan kuas gambar
diatas kertas gambar dengan warna-warna tertentu sehingga diperolah gambar yang
menarik dan memiliki bentuk lukisan tertentu. Peserta didik mencobanya,
sementara peserta didik menggambar lukisan yang dikehendaki, guru memeriksaanya
dan kemudian guru memberi petunjuk secara langsung serta memberi tekanan warna
tertentu sesuai dengan karakter lukisan peserta didik. Dengan demikian peserta
didik akan memiliki kemampuan dan ketrampilan melukis dengan warna yang sesuai
dengan karakter lukisan yang dibuatnya.
Ø Peragakan pada peserta didik tentang bagaimana
memperoleh ketrampilan yang dapat dipraktekkan oleh peserta didik dalam
kehidupannya setiap hari. Guru yang mengajar mata pelajaran matematika perlu
mengaplikasikan hasil perhitungan ke dalam kehidupan sehari – hari anak.
Misalnya peserta didik yang masih duduk di sekolah dasar dibekali ketrampilan
praktis yaitu bagaimana membelanjakan uang terhadap barang tertentu dan jika
mendapat potongan harga bagaimana cara perhitungannya. Kemampuan berhitung yang diajarkan dalam matematika dipraktekkan
oleh anak dalam kehidupannya setiap hari.
Ø Mengundang kaum professional untuk berbicara di dalam
kelas sesuai dengan bidang keahliannya. Misalnya peserta didik yang sedang
menekuni pembelajaran tentang
jurnalisme, dalam waktu tertentu guru dapat mengundang ahli jurnalis untuk
berbicara dan mempraktekkan bagaimana cara menulis berita yang baik dan menarik minat publik
untuk membaca beritanya.
Apakah peserta didik sudah membaca atau melakukan pengamatan tentang perilaku yang positif dari tokoh-tokoh tertentu apakah itu dibacanya atau diamatinya dari
penulis adalah dosen pada fakultas psikologi UNIVERSITAS PERSADA INDONESIA YAI
Comments
Post a Comment