OTORITA,MENGAJAR DAN BUKU

 JAKARTA, 19 DESEMBER 2023

OTORITA

melakukan koordinasi dengan satpol pp dan satpam untuk menjaga ketertiban pedagang kaki lima depan kampus

MENGAJAR

mengajar mata kuliah filsafat ilmu pada program magister psikologi

BUKU

melanjutkan penulisan buku psikologi pendidikan

contoh

Ø  Gambarkan apa yang guru sedang kerjakan  yang dapat dijadikan model dalam upaya perubah perilaku peserta didik yang dikehendaki. Guru yang mengajar pada kelas empat sekolah dasar, menunjukkan dan menjelaskan bagaimana menggunakan pengolahan kata dengan software dalam upaya mengedit komposisi kata dan guru secara perlahan dan bertahap memberi penjelasan sambil memperagakan dalam layar komputer, mana kata yang harus dipotong dan mana kata yang harus ditambah dan diperbaiki dan kemudian mencek secara cermat setiap kata dalam layar komputer. Apa yang diperagakan oleh guru dalam layar komputer diikuti oleh peserta didik dengan cermat atas petunjuk guru sehingga secara bertahap peserta didik dapat membuat komposisi kata, kalimat dengan benar. Secara bertahap peserta didik menunjukkan perilaku yang produktif sesuai dengan apa yang telah diperagakan oleh guru.

Ø  Jika guru  mengajarkan perilaku yang kompleks pada peserta didik, perlu dipersiapkan dengan cermat tahapan yang mesti dilakukan oleh peserta didik sehingga membantu mereka untuk mempermudah mengingat dan melaksanakannya. Guru memperagakan cara dan tahapan yang benar dan diikuti oleh peserta didik dan dilaksanakan secara berulang-ulang sehingga peserta didik mampu melaksanakannya.

Ø  Peserta didik yang telah mampu menunjukkan perilaku yang dikehendaki setelah diperagakan contoh tertentu, maka guru perlu memberikan petunjuk yang jelas dan umpan balik sehingga membantu mereka untuk meningkatkan kualitas kinerjanya. Sebagai contoh guru yang mengajarkan seni menggambar di sekolah dasar, memperagakan bagaimana menggoreskan kuas gambar diatas kertas gambar dengan warna-warna tertentu sehingga diperolah gambar yang menarik dan memiliki bentuk lukisan tertentu. Peserta didik mencobanya, sementara peserta didik menggambar lukisan yang dikehendaki, guru memeriksaanya dan kemudian guru memberi petunjuk secara langsung serta memberi tekanan warna tertentu sesuai dengan karakter lukisan peserta didik. Dengan demikian peserta didik akan memiliki kemampuan dan ketrampilan melukis dengan warna yang sesuai dengan karakter lukisan yang dibuatnya.

Ø  Peragakan pada peserta didik tentang bagaimana memperoleh ketrampilan yang dapat dipraktekkan oleh peserta didik dalam kehidupannya setiap hari. Guru yang mengajar mata pelajaran matematika perlu mengaplikasikan hasil perhitungan ke dalam kehidupan sehari – hari anak. Misalnya peserta didik yang masih duduk di sekolah dasar dibekali ketrampilan praktis yaitu bagaimana membelanjakan uang terhadap barang tertentu dan jika mendapat potongan harga bagaimana cara perhitungannya. Kemampuan berhitung  yang diajarkan dalam matematika dipraktekkan oleh anak dalam kehidupannya setiap hari.

Ø  Mengundang kaum professional untuk berbicara di dalam kelas sesuai dengan bidang keahliannya. Misalnya peserta didik yang sedang menekuni pembelajaran  tentang jurnalisme, dalam waktu tertentu guru dapat mengundang ahli jurnalis untuk berbicara dan mempraktekkan bagaimana cara menulis  berita yang baik dan menarik minat publik untuk membaca beritanya.

Apakah peserta didik sudah membaca atau melakukan pengamatan tentang perilaku yang positif  dari tokoh-tokoh tertentu apakah itu dibacanya atau diamatinya dari

penulis adalah dosen pada fakultas psikologi UNIVERSITAS PERSADA INDONESIA  YAI 

Comments

Popular posts from this blog

OTORITA, KOORDINASI

OTORITA, EMNGAJAR DAN MENGUJI

OTORITA, UJIAN DAN BUKU